Jumat, 19 Agustus 2011

Pengambilan Keputusan, Kepemimpinan & Komunikasi

Pengambilan keputusan adalah
suatu proses memilih alternatif terbaik dari serangkaian alternatif keputusan untuk mencapai hasil yang diinginkan . Atau
Serangkaian tahapan yang dilakukan dalam mengidentifikasi masalah, memilih suatu alternatif dan mengevaluasi keputusan dari informasi atau data yang diperoleh dari sumber Pengambilan keputusan muncul sebagai reaksi atas sebuah masalah (problems) karena ada ketidaksesuaian antara perkara saat ini dan keadaan yang diinginkan.

Definisi Masalah
Masalah dan Kesempatan
Masalah adalah : suatu perbedaan antara keadaan pekerjaan yang ada dan keadaan pekerjaan yang dikehendaki
Kesempatan merupakan : suatu kondisi dimana kondisi tersebut memberi kesempatan bagi organisasi untuk memanfaatkannya agar diperoleh hasil melebihi dari hasil diharapkan.

Jenis Masalah
1. Masalah yang terstruktur dengan baik yaitu masalah – masalah yang bersifat lugas, tidak asing dan mudah dirumuskan
2. Masalah yang tidak terstruktur dengan baik yaitu masalah –masalah baru yang informasinya bersifat ambigu atau tidak lengkap





Ada 6 langkah prilaku individu untuk memaksimalkan hasil dengan model rasional
1. Mendefinisikan Masalah
Untuk mendefinisikan masalah harus secara jelas karena seringkali terjadi kesalahan dalam hal ini seperti masalah tidak terlihat atau tidak terdefinisikan secara jelas maka manajer perlu membedakan masalah dengan gejala yang tampak.
2. Mengidentifikasikan kreteria keputusan
Artinya Mengembangkan Alternatif Pemecahan masalah secara kreatif, walaupun ada batasan ( constraint) sehingga pengembil keputusan dapat menentukan apa yang relevan dalam membuat keputusan
3. Menimbang Kreteria yang telah diidentifikasi sebelumnya artinya melakukan evaluasi dan memilih alternatif terbaik melalui serangkaian kreteria. Misalnya dengan menggunakan sistem “skoring”
4. Membuat berbagai alternatif
Artinya setelah melalui berbagai pertimbangan tadi maka diambil satu keputusan misalnya Alternatif yang diambil adalah alternatif dengan “skor” paling tinggi untuk setiap kreterianya merupakan alternatif terbaik.
5. Implementasi
Hal ini merupakan tahapan yang paling sulit dalam proses pengambilan keputusan
6. Follow Up dan Evaluasi
Monitor dan evaluasi dilakukan untuk memastikan pelaksanaan keputusan mengenai sasaran atau tujuan yang dituju


K E P E M I M P I N A N
Kepemimpinan merupakan proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok/ organisasi.
atau
Kepemimpinan atau leadership adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain agar bekerjasama sesuai dengan rencana demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Kesimpulan
Dengan demikian kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting dalam manajemen, bahkan dapat dinyatakan, kepemimpinan adalah inti dari managemen.



Sumber – sumber kekuasaan yang diperoleh/didapatkan oleh seoran pemimpin
- Kepakaran (Expert Power)
>> Orang-orang yang memiliki kemampuan menciptakan atau kreatifitas serta memiliki prakarsa (inisiatif) yang tinggi, mereka dapat memupuk dan mengembangkan kemampuannya sehingga dapat menciptakan suatu usaha yang dipimpinnya sendiri secara baik.
- Paksaan (Forced Power)
>> Melalui penunjukan ataupun kekuasaan seseorang artinya seseorang dapat menjadi pemimpin karena ditunjuk oleh orang lain yang lebih tinggi kedudukannya dalam instansi yang bersangkutan.
- Balasan (Reward Power)
>> Menunjuk seseorang untuk menjadi pemimpin atas dasar kontribusi yang sudah diberikan
- Legitimasi (Legitimate Power)
>> Melalui pemilihan orang banyak Biasanya hal ini terjadi di dalam organisasi-organisasi politik, serikat pekerja, organisasi kesenian, olahraga, dan sebagainya.
>> Lazimnya pemimpin yang dipilih orang banyak ini bertugas dalam jangka waktu yang terbatas: dua tahun, tiga tahun, dan seterusnya.
- Referensi (Refference Power)
>> Melalui rekomendasi dari orang yang memiliki kewenangan dan kekuasaan yang lebih tinggi


KOMUNIKASI
Pengantar Komunikasi Bisnis
Komunikasi Merupakan hal yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia.
Komunikasi bisa terjadi dimana saja misalnya.
1. Menyalakan komputer dengan menekan tombol listrik (engineering communication )
2. Dua ekor burung yang saling bercengkerama (animal communication )
3. Hubungan antarsel pada saat mahluk hidup bernafas (cell communication )
4. Komunikasi antar manusia ( human communication )

Komunikasi atau Communication >> Berasal dari kata “ Communicatio ” bersumber dari bahasa latin “ Communis ” >> Sama (sama makna )

Pengertian Komunikasi
Menurut Himstreet & Baty
Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antarindividu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku ataupun tindakan. (Himstreet & Baty)

Menurut Everett M Rogers
Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi terhadap satu sama lain yang pada gilirannya akan tiba kepada saling pengertian

Pendapat lain
Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka

Simpulan Pengertian :
Komunikasi merupakan Proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu




HAMBATAN KOMUNIKASI
Bentuk Hambatan Komunikasi Antar Individu
Perbedaan Persepsi dan Bahasa
- Persepsi merupakan interpretasi pribadi atas sesuatu hal. Dan dalam mengartikan suatu kata antara orang satu dengan yang lain berbeda
Pendengaran yang Buruk
- Untuk menjadi pendengar yang baik tidaklah mudah, karena dengan kondisi melamun atau lelah memikirkan masalah lain, orang akan cenderung kehilangan minat mendengar
Gangguan Emosional
- Kesalahpahaman sering terjadi akibat gangguan emosional seperti dalam keadaan kecewa, marah, sedih atau takut orang akan kesulitan dalam menyusun pesan atau menerima pesan dengan baik. Bahkan akan cenderung menghindarinya
Perbedaan Budaya
- Merupakan hambatan yang paling sulit untuk diatasi
Gangguan Fisik
- Pengirim atau penerima mungkin terganggu oleh hambatan yang bersifat fisik yang bisa mengganggu kosentrasi dalam berkomunikasi misalnya :

  • Akustik yang jelek
  • Tulisan yang tidak dapat dibaca
  • Cahaya yang redup
  • Masalah kesehatan
Menciptakan dan memproses pesan secara efektif dan efesien, dengan cara :
  1. Memahami penerima pesan
  2. Menyesuaikan pesan yang diterima
  3. Mengembangkan dan menghubungkan gagasan
  4. Mengurangi jumlah pesan
  5. Memilih saluran atau media yang tepat
  6. Meningkatkan keterampilan berkomunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar